Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lawang Sakepeng Pernikahan Gubernur Hasil Kolaborasi 3 Daerah di Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Januari 2018 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Prosesi adat Dayak Lawang Sakepeng yang akan menjadi ritual adat dalam pernikahan Gubernur Kalimantan Tengah, Kamis (25/1/2018), merupakan hasil kolaborasi dari tiga daerah di Kalteng. 

Hal ini diungkapkan Koordinator dan Pengiring Musik Pemain Silat Lawang Sakepeng, Benny M Tundan kepada Borneonews.

"Pelaku seni yang terlibat dalam prosesi Lawang Sakepeng ini tidak hanya berasal dari Palangka Raya tadi juga dua daerah lainnya yakni Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat dan Kabupaten Kapuas," kata Benny.

Pria yang juga merupakan Koordinator Sanggar Marajaki Palangka Raya ini mengatakan bahwa ada dua pesilat yang akan bertugas memutuskan benang penghalang pada gerbang Lawang Sakepeng. Salah seorang di antaranya adalah pesilat dari Sanggar Bakuba, Pangkalan Bun. Sementara seorang pesilat lainnya berasal dari Sanggar Tanjung Riak Bulan.

"Kalau pemain musik dari Sanggar Marajaki. Kemudian para menari yang akan membawakan tari penyambutan nanti dari Sanggar Tingang Menteng Panunjung Tarung, Kuala Kapuas," jelasnya.

Meski dipercaya sebagai Koordinator Lawang Sakepeng, Benny mengaku tetap berkoordinasi dengan para tetua adat Dayak seperti Parada Lewis KDR dan Damang Marcos Tuwan. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru