Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Kapuas Imbau Masyarakat Jaga KTP-EL Dengan Baik

  • Oleh Hamdi
  • 25 Januari 2018 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kapuas memberikan imbauan kepada masyarakat agar menjaga KTP-Elektronik (KTP-EL) dengan sebaik-baiknya, mengingat fungsi KTP-EL sebagai identitas jati diri yang berlaku dalam ruang nasional dalam segala urusan pelayanan publik.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kapuas Ruseni melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pendaftaran, Sipie S Bungai membeberkan jika KTP-EL bisa disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab jika tidak dijaga dengan sebaik-baiknya. “Maka dari itu masyarakat harus waspada akan hal ini, jangan sampai KTP-EL yang anda miliki tidak dijaga dengan baik, karena takutnya akan disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” ungkap Sipie kepada Borneonews di kantornya, Kamis (25/1/218).

Meski fisik KTP-EL terlihat rusak, kata dia, bukan berarti data didalam KTP-EL juga ikut rusak. “Maka dari itu, kami menyarankan apabila KTP-EL rusak, maka segeralah kordinasikan ke kita dengan membawa bukti KTP-EL yang rusak tersebut, sebagai bukti fisik dan persyaratan dalam penggantian yang baru. Namun, tidak perlu melakukan perekaman lagi, yang penting NIK nya ada” katanya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga dan merawat KTP-EL dengan baik, karena data didalam KTP-EL sangatlah penting dalam setiap urusan administrasi. “Dan walaupun KTP-EL rusak, janganlah dibiarkan dan diabaikan, tetap waspada dan dijaga karena data milik kita didalamnya masih ada, dan kembalikan kepada kita untuk diganti dengan fisik yang baru. Ini semua menjadi perhatian kami juga agar masyarakat tidak menjadi korban yang dirigukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan hendak mengambil keuntungan sendiri,” pungkasnya. (HAMDI/B-8)

Berita Terbaru