Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhanbatu Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jauh-Jauh dari Pangkalan Bun Persembahkan Tarian untuk Pernikahan Gubernur

  • Oleh Testi Priscilla
  • 25 Januari 2018 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Rombongan yang beranggotakan 20 orang ini datang jauh-jauh dari Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat (Kobar) untuk mempersembahkan sebuah tarian di pernikahan Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (25/1/2018).

"Kami dari Sanggar Bakuba, Pangkalan Bun dengan anggota 20 orang termasuk official dan 8 penari serta pemain musik," kata Ifud Muhamad Saifudin, Pelatih sekaligus Penata Rias Sanggar Bakuba kepada Borneonews.

Menurut Ifud, mereka mempersembahkan satu tarian di pangggung hiburan rakyat resepsi pernikahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Yulistra Ivo Azhari. Tarian yang dipersembahkan yakni Tari Hadrah berjudul Manimang.

"Tari hadrah memang biasa untuk mengiring mengantin atau penyambutan tamu. Memang nuansanya islami namun sudah diadopsi ke dalam berbagai budaya Indonesia, salah satunya disesuaikan dengan suku Dayak," jelasnya.

Tarian Hadrah di Kalteng menurutnya juga cukup berbeda dengan Tari Hadrah yang diadopsi suku Jawa. Di Kalteng, tari Hadrah lebih condong kepada budaya Melayu dan Pesisir sehingga berbeda dengan yang diadopsi suku jawa yang lebih condong kepada budaya Aceh karena ada gerakan tari Saman. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru