Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kelurahan Sidorejo Bisa Tertib Buang Sampah, Ini Kuncinya...

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 25 Januari 2018 - 22:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun-Jika warga wilayah lain ramai-ramai membuang sampah sembarangan di pinggir jalan dan trotoar, itu tidak terjadi dengan warga Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan (Arsel).

Hal itu ditegaskan Lurah Sidorejo Yudha P Kusuma yang ditemui Borneonews di sela-sela kegiatan Musrenbang di Aula Kelurahan Sidorejo, Kamis (25/1/2018).

"Kami menerapkan sistem pengelolaan sampah secara mandiri. Jadi sampah dikelola oleh swasta dan setiap KK dikenakan biaya Rp20 ribu per bulan," kata Yudha.

Ia melanjutkan setiap KK meletakkan sampah dalam plastik besar di depan rumahnya masing-masing. Kemudian, para petugas kebersihan mengambil sampah rumah tangga tersebut setiap pagi.

"Itu setiap hari seperti itu, sehingga warga kami tidak membuang sampah sembarangan," kata dia.

Sebelumnya, Bupati Kobar Nurhidayah sudah melakukan program Jumat bersih. Hal itu merupakan salah satu upaya untuk menerapkan gaya hidup bersih dan sehat di kalangan masyarakat.

"Penting menjalin kerja sama antara pemerintah dan para masyarakat untuk memberantas sampah tersebut. Sampah merupakan masalah klasik yang ada di lingkungan sekitar kita."  (HARDI/B-8)


TAGS:

Berita Terbaru