Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Batanghari Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

GAPKI Siap Kerdilkan Pergaruh Eropa di Industri Sawit 

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 26 Januari 2018 - 11:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) sedang menyusun gerakan dan orientasi yang berbeda untuk memperkecil pengaruh Eropa pada urusan perkebunan kelapa sawit di Indonesia.

"Negara yang besar dan berdaulat tidak boleh kalah oleh intimidasi negara lain. Kami dengan seluruh industri perkebunan dan olahan sawit tidak akan diam, kita juga proaktif menyikapi dan mempersiapkan inovasi-inovasi baru dan pasar-pasar baru," kata Direktur Eksekutif GAPKI, Danang Giriwardana, di Jakarta medio pekan ini.

Sedangkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pihaknya sangat gerah dengan kebijakan Eropa yang menghambat sawit Indonesia. 

"Kami mengancam membalas aksi Eropa tersebut dengan menyetop impor produk susu bubuk dan wine. Tekanan terhadap minyak sawit Indonesia sudah tergolong diskriminatif," papar dia.

Enggartiasto mengancam akan melakukan hal serupa untuk industri susu bubuk. Alasan serupa dapat digunakan dalam rangka melindungi petani Indonesia. 

"Nantinya, pemerintah akan mendorong importir untuk menyerap produksi dalam negeri. Meskipun negara tidak bisa menghapus negara sumber produk, tapi para pengusaha bisa menyetop impor dari Eropa, hingga tidak ada aturan yang dilanggar," ujar Enggartiasto.

Untuk diketahui, bila resolusi sawit yang disahkan parlemen Eropa pada April tahun lalu disahkan menjadi kebijakan yang mengikat di seluruh negara Uni Eropa, maka mulai 2021 mendatang tak ada lagi impor minyak sawit untuk bahan campuran biodiesel.   (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru