Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Way Kanan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maraknya Peredaran Zenith di Pedalaman, Alasan Legislator Ini Dukung Aksi Anti Narkoba

  • Oleh Naco
  • 26 Januari 2018 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Maraknya peredaran zenith hingga di pedalaman Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) membuat legislator Abdul Khalik mendukung rencana aksi demo damai menuntut pengusutan temuan pil zenith 3,7 juta butir yang terus bergulir. 

"Peredaran zenith maupun sabu di pedalaman sangat luar biasa," kata Anggota Komisi I DPRD Kotim ini, Jumat (26/1/2018).

Bahkan kalau diperhatikan menurutnya di pedalaman lebih gila lagi peredarannya dibandingkan di perkotaan.

"Aktivitas jual beli barang haram itu bagaikan orang jual kacang goreng saja. Makanya saya miris melihat dan mendukung penuh aksi damai yang digagas warga masyarakat," tegasnya.

Ketua Fraksi Hatinuranii-Kebangkitan DPRD Kotim ini mengakui bahwa penangkapan kepada para pengedar memang sudah baik.

Sayangnya hal itu masih belum mampu mengungkapkan bandar besarnya. Itulah yang membuat mereka sebagai warga sepakat untuk mendesak aparat untuk menyeret para pelakunya.

"Kalau kita mensinyalir untuk di Kotim ini tentunya memiliki bandar besar, yang bisa mengatur lalulintas barang haram itu sehingga masih  ada walaupun penindakan dari segi hukum kepada para pengedar semakin ditingkatkan," ucapnya.

Memang menurutnya untuk menangkap bandar itu tidak semudah yang dibayangkan terutama untuk menyeretnya ke meja hijau, karena kasus narkoba ini bisnis mafia yang menggunakan berbagai cara untuk membangun jaringan mereka agar sulit tersentuh aparat.

"Seperti di Kecamatan Parenggean untuk  transaksi pil zenith tidak kalah dengan wilayah perkotaan. Bahkan di sana kalangan orangtua sudah semakin diresahkan. Siapa bilang di Parenggean itu minim peredaran obat itu, justru saya kira sangat sporadis. Generasi kita sudah dirusak dan disusupi dengan peredaran narkoba," ujarnya.

Lanjutnya yang mengkhawatirkan ini adalah kedepan daerah ini akan kehilangan generasi akibat zenith dan narkoba jenis lainnya.

Maka dari itu berbagai gerakan yang dilakukan tentu dapat membantu dalam rangka menutup ruang gerak pelaku kejahatan tersebut. (NACO/B-6)

Berita Terbaru