Aplikasi Software Pilkada Terbaik di Indonesia

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Payung Pengiring Pengantin Gubernur Kalteng Ternyata Didatangkan dari Pangkalan Bun

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 26 Januari 2018 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Rombongan pengiring yang bersiap di depan pintu rumah jabatan (Rujab) Gubernur Kalteng untuk mengarak pengantin pria, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, membawa tiga payung berwarna kuning keemasan. Tiga Payung itu didatangkan khusus dari Pangkalan Bun.

Pengiring yang menampilkan kesenian hadrah itu, juga diminta khusus oleh keluarga besar Sugianto Sabran yang mayoritas memang berasal dari Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Payung yang kuning itu, khas Kobar, memang didatangkan dari Kota Pangkalan Bun untuk bertugas memayungi dan mengiringi gubernur dan keluarga saat mengawali prosesi pernikahan ini,” tutur Guntur Talajan, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng yang juga Panitia Kordinator Seksi Adat dan Hiburan.

Seperti diketahui, dalam barisan pengiring tersebut, dibelakang keluarga, berdiri Damang se- Kota Palangka Raya, dan unsur pimpinan Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalteng sekira 20 orang.

Setelah Gubernur keluar dari pintu Rujab, diiringi menuju tempat pelaminan melalui pintu yang sebelumnya  dijamu lawang sekepeng/pencak silat khas dayak. “Mereka dua pasang dua orang dari dayak Kalteng dan dua orang dari Dayak Kobar," tutur Wakil Ketua DAD Kalteng tersebut. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru