Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malinau Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Di Palangka Raya, Ustadz Abdul Somad Bagi Kiat Pilih Istri

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 26 Januari 2018 - 23:08 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Ustadz Abdul Somad (UAS) mengisi ceramah Tabligh Akbar dalam rangka Tasyakuran Pernikahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran-Yulistra Ivo Azhari di Palangka Raya, Jumat (26/1/2018).  Ustadz asal Riau ini, baru benar-benar memulai mengisi tausiyahnya di Masjid Raya Darussalam sekira pukul 20.10 WIB, setelah sesaat sebelumnya sambutan Gubernur Sugianto Sabran.

Menit pertama mengawali ceramahnya, ia mengungkapkan kiat mencari dan memilih istri. Maklum, suasananya adalah sehari setelah resepsi pernikahan Gubernur Sugianto yang baru mengakhiri masa lajangnya, dihadiri puluhan ribu warga Kalteng yang menyemut di Bundaran Besar pada Kamis kemarin.

Tutur UAS, ada empat hal dalam hadits Rasulullah yang harus diingat. Pertama, ‘limaaliha’ atau karena hartanya. Kedua, nasabiha atau silsilahnya. Ketiga, ‘lijamaaliha’ atau karena kecantikannya. Dan keempat, adalah lidiiniha atau karena agamanya.

Ribuan jamaah menghadiri ceramah Ustazd Abdul Somad di Palangka Raya.
Ribuan jamaah menghadiri ceramah Ustazd Abdul Somad di Palangka Raya.

Wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya, maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu beruntung,” ucap Abdul Somad menyitir sebuah hadits.

Di akhir ceramahnya, seperti biasa, ia meluangkan waktunya untuk tanya jawab kepada hadirin. Antara lain ia menjawab pertanyaan bagaimana posisi tangan setelah takbir yang benar menurut beberapa imam mahzab, bagaimana hukum berjenggot, memotong kain/celana di atas mata kaki, bagaimana klasifikasi mahrom, bagaimana hukum membaca qunut, dan beberapa lainnya. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru