Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peringati Hari Primata Indonesia, Bupati Kobar Jalan Bersama di Lokasi Car Free Day

  • Oleh Wahyu Krida
  • 28 Januari 2018 - 18:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Memperingati Hari Primata Indonesia, Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Nurhidayah, bersama beberapa elemen masyarakat jalan bersama di area Car Free Day, Pangkalan Bun, Minggu (28/1/2018).

Kegiatan yang digagas oleh Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Wilayah Pangkalan Bun itu merupakan puncak rangkaian kegiatan peringatan Hari Primata Indonesia di Kabupaten Kobar.

Sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi ke sekolah-sekolah terkait keberadaan primata dan upaya perlindungan satwa tersebut.

Bupati Nurhidayah menuturkan, kegiatan itu sangatlah tepat diselenggarakan di Bumi Marunting Batu Aji, mengingat di kabupaten ini terdapat banyak primata yang wajib dilindungi dan dijaga.

"Terutama primata orangutan yang telah menjadi ikon Taman Nasional Tanjung Puting. Inilah yang kita harapkan, semangat masyarakat dalam melestarikan ekosistem dan lingkungan. Seiring misi pemerintah daerah untuk menggerakkan perekonomian melalui promosi wisata berupa kelestarian dan keindahan alam, serta keunikan flora dan fauna yang ada di dalamnya,” ujar Bupati.

Bupati Nurhidayah juga mengajak semua pihak untuk meningkatkan kesadaran, pemahaman, serta pengetahuan tentang pentingnya menjaga alam, terutama primata, bukan hanya untuk saat ini, melainkan demi masa depan.

Kegiatan itu juga ditandai dengan pembacaan sekaligus penandatanganan deklarasi dukungan terhadap konservasi primata di Kabupaten Kobar oleh Bupati yang mewakili Balai Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), Badan Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) SKW II Kalteng, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), serta FK3I Wilayah Pangkalan Bun.

Peringatan Hari Primata Indonesia yang jatuh setiap 30 Januari, merupakan salah satu bagian dari upaya bersama untuk menggugah kesadaran dan keberadaan tentang primata serta habitatnya di alam bebas, khususnya di wilayah Kabupaten Kobar. (WAHYU KRIDA/B-3)

Berita Terbaru