Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Optimistis Seruyan Keluar dari Status Daerah Tertinggal

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 29 Januari 2018 - 07:44 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Bupati Seruyan Sudarsono meyakini bahwa dalam waktu dekat kabupaten yang dipimpinnya akan keluar dari status daerah tertinggal.

"Walaupun Seruyan ini menjadi satu-satunya kabupaten tertinggal di Kalimantan Tengah tapi kita tetap berusaha dan berdasarkan Perpres Nomor 15 Tahun 2015 bahwa evaluasinya ini nanti akan dilakukan pada 2019 karena itu kita harus menunggu evaluasi ini," kata Bupati.

Sudarsono berkeyakinan bahwa Seruyan pada saatnya nanti evaluasi terakhir sudah tidak lagi menjadi kabupaten Tertinggal karena memang pertumbuhan ekonomi di Seruyan yang mulai menunjukkan pergerakan yang cukup baik.

"Dua bulan yang lalu saya diundang mengikuti rapat di istana negara bersama presiden," terangnya. Dalam rapat tersebut, jelasnya, ada evaluasi pertumbuhan ekonomi di seluruh Indonesia. Pertumbuhan di Kabupaten Seruyan sudah berada di tingkat ekonomi di atas rata-rata nasional nasional yakni 5,0 persen.

"Sedangkan Seruyan sudah berada di 5,2 persen pertumbuhan ekonominya,. Itu sudah melebihi tingkat ekonomi sekalian, " kata bupati.

Menurutnya, karena hal itu tidak ada alasan untuk Seruyan menjadi daerah tertinggal tetapi karena evaluasinya di tahun 2019, maka hari ini Seruyan masih menyandang gelar tersebut. Kemudian, pihaknya sudah mencoba evaluasi beberapa tahun terakhir untuk memastikan strategi Seruyan agar bisa berkembang sesuai dengan yang diinginkan.

Sudarsono menjelaskan, salah satu faktor yang menjadi nilai untuk suatu daerah yaitu kebutuhan listrik, sedangkan di Seruyan pertumbuhannya sangat pesat seperti di tahun 2016-2017, pertumbuhan dan perkembangan pemasangan jaringan listrik di Seruyan sudah melampaui dengan target yang sesungguhnya sudah pernah di sepakati dengan GM PLN Kalsel-teng di Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

"Saya sudah tanda tanganni MoU untuk percepatan ini dan Seruyan kini menjadi contoh konkrit seluruh desa sudag terakses PLN," katanya. (FREDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru