Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Denpasar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Barito Selatan akan Bagikan Enam Motor Sampah Kepada RT

  • Oleh Uriutu
  • 29 Januari 2018 - 15:04 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Barito Selatan akan membagikan enam unit motor sampah jenis tossa kepada ketua RT.

“Enam unit motor sampah ini nanti kita bagikan kepada RT yang ada di dalam kota Buntok untuk menangani sampah,” kata Kepala DLH Barsel, Firman Purbiantoro didampingi Kabid Pengelolaan Sampah dan B3, Nanang Salahudin kepada Borneonews.co.id, Senin (29/1/2018).

Pembangian motor ini merupakan salah satu misi pihaknya untuk menjadikan kota Buntok bebas sampah atau bersih dari sampah. 

Selain itu saat ini bank sampah sudah berjalan cukup bagus, sehingga sampah yang selama ini terabaikan ternyata mempunyai nilai ekonomis yang bisa dikelola menjadi barang yang bernilai, bermanfaat dan berinvestasi. 

Ada dua sampah yakni, sampah organik yang gampang hancur dan non organik yang mana masih punya nilai yang bermanfaat bagi kita yaitu limbah seperti jenis kertas, plastik dan lainnya. 

Dia mengakui, meski demikian masalah sampah ini masih saja terjadi. Untuk itu pihaknya berharap kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

Padahal ada 14 titik tempat pembuangan sementara (TPS) telah disediakan. Selain itu juga ada gerobak tempat penampungan sampah disetiap RT.

“Sekali lagi kita berharap kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya, sehingga kota Buntok benar-benar bersih dari sampah,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru