Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Nyatakan Barito Selatan Nihil Kasus Difteri

  • Oleh Uriutu
  • 29 Januari 2018 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Kesehatan menyatakan bahwa Kabupaten Barito Selatan nihil kasus penyakit difteri.

“Berdasarkan laporan semua puskesmas yang tersebar di enam kecamatan di daerah ini, tidak ditemukan kasus penyakit difteri,” kata Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan pada Dinas Kesehatan Barito Selatan dr Djulita K Palar kepada Borneonews, Senin (29/1/2018). 

Ia mengatakan, pihaknya sudah membuat strategi dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit difteri, yakni dengan melakukan penguatan imunisasi serta pemantauan. 

Karena, lanjut dia, penyakit difteri dapat dicegah dengan imunisasi lengkap yang diberikan terjadwal secara rutin dan imunisasi lanjutan. 

Dinas Kesehatan, kata dia, berharap dengan strategi dan upaya itu, tidak ada kasus penyakit difteri di Barito Selatan.

Ia menuturkan, penyakit difteri disebabkan bakteri corynebacterium diphtheriae yang menyerang selaput lendir pada hidung, dan tenggorokan. 

“Terkadang penyakit ini memengaruhi kulit. Penyakit ini sangat menular, dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa,” sebutnya.

Penularannya bisa melalui percikan ludah di udara saat penderita difteri bersin atau batuk. Selain itu, melalui barang-barang yang terkontaminasi bakteri seperti mainan atau handuk. 

Kemudian bersentuhan langsung pada luka borok (ulkus) akibat difteri dikulit penderita yang tinggal di lingkungan padat penduduk yang kebersihannya tidak terjaga.

Adapun gejala difteri di antaranya terbentuknya lapisan tipis berwarna abu-abu yang menutupi tenggorokan dan amandel. 

Berita Terbaru