Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tidak Ada Laporan Kebakaran Ratusan Hektare Lahan di Desa Babirah

  • Oleh Naco
  • 30 Januari 2018 - 10:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Instansi terkait tidak mengetahui kebakaran ratusan hektare lahan warga di Desa Babirah, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur yang terjadi beberapa hari lalu. Mereka mengaku tidak mendapat laporan kebakaran di daerah itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotim melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Sutoyo mengatakan, tidak ada laporan tentang kebakaran lahan milik masyarakat tersebut.

"Tidak ada laporan dengan kami terkait kebakaran itu, tidak tahu kalau di Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), mungkin mereka lapor ke Damkar," kata Sutoyo, Selasa (30/1/2017).

Sementara itu terpisah, Plt Kepala Dinas Damkar Kotim, Rihel juga mengatakan hal yang sama. Pihaknya sama sekali tidak menerima laporan terkait kebakaran tersebut, baik dari perangkat desa maupun masyarakat sekitar.

"Tidak ada laporan ke kami, biasanya kalau ada kebakaran lahan laporannya ke BPDB karena BPBD koordinatornya," kata Rihel, Selasa (30/1/2018).

Damkar, menurut Rihel, hanya pelaksana lapangan khususnya di dalam kota yang terjangkau. Akan tetapi untuk luar kota tanggung jawab kecamatan dan unsur-unsur terkait. "Yang ada laporan hanya kebakaran lahan di lingkar utara saja beberapa waktu lalu," tukasnya.

Seperti diketahui, kebakaran di Desa Babirah terjadi pada Kamis (25/1/2018) lalu. Sekitar 200 hektare lahan warga yang terdiri dari kebun sawit, ladang dan sebagian lahan kosong, milik sekitar ratusan kepala keluarga terbakar. (NACO/B-2)

Berita Terbaru