Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puskesmas Pulau Kupang kini Melayani Rawat Inap

  • 30 Januari 2018 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Puskesmas Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas kini melayani rawat inap. 

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat berharap, dengan dibukanya pelayanan rawat inap, tenaga medis di Puskesmas Pulau Kupang melayani masyarakat dengan dengan baik.

"Saya berharap Puskesmas UPT Pulau Kupang ini benar-benar melayani masyarakat dan kita doakan tidak ada pasien yang menginap di sini. Artinya, semua sehat. Saya mengimbau agar mengecek kesehatan secara rutin, khususnya untuk ibu yang sedang mengandung,” tutur Ben saat meresmikan gedung UPT Puskesmas Rawat Inap Pulau Kupang, Kecamatan Bataguh, Senin (29/1/2018).

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi menjelaskan, Puskesmas Pulau Kupang adalah Puskesmas Induk yang membawahi tiga Pustu dan tujuh Poskesdes tersebar di tujuh desa dan satu kelurahan.

Di wilayah UPT Pukesmas Pulau Kupang ada 54 petugas medis yang tersebar untuk pelayanan di Pustu, Poskesdes dan Puskesmas Induk Pulau Kupang. Setiap Pustu dan Poskesdes ada dua petugas yaitu bidan dan perawat.

Ia menyebut, dari 54 petugas medis 23 orang di antaranya berstatus PNS, 18 orang tenaga kontrak dan 13 orang Tenaga Kesehatan Sukarela (TKS).

“Tenaga yang belum ada atau yang masih diperlukan yaitu S1 Farmasi atau Apoteker, dokter gigi, tenaga analis kesehatan dan tenaga kesehatan lingkungan," rincinya.

Saat ini, lanjut Apendi, masih perlu penimbunan halaman Puskesmas Pulau Kupang untuk melayani pasien yang parah agar ambulans bisa langsung masuk ke halaman IGD. "Selain itu, juga perlu pelabuhan untuk pelayanan pasien yang lewat sungai,” ungkap Apendi. (DJIMMY NAPOLEON/B-2)

Berita Terbaru