Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

1,1 Juta Hektare Lahan Pertanian akan Disiapkan Di Kalteng

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 30 Januari 2018 - 21:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran mengungkapkan pemprov akan menyiapkan lahan pertanian dengan luasan sekitar 1,1 juta hektare tersebar di daerah Kalteng. 

"Ada 1,1 juta hektare lahan yang nantinya akan digunakan untuk menanam padi organik, jagung, kopi, coklat, dan lainya," kata Sugianto, saat rapat kerja bersama Pemkab Kotim, Senin (30/1/2018). 

Sugianto menjelaskan, tidak ingin masyarakat hanya bergantung pada satu jenis tanaman saja untuk meningkatkan ekonomi. Namun dengan semakin tersedianya lahan pertanian, diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya tidak ingin masyarakat hanya bergantung pada karet ataupun rotan saja. Tetapi juga sektor pertanian," kata Sugianto. 

Adapun lahan seluas itu tersebar di beberapa kabupaten. Mulai dari Kabupaten Kapuas yang disediakan sekitar 700 ribu hektare, Gunung Mas 160 ribu hektare padi organik, dan DAS Barito ada 200 hektare untuk tanaman jagung, kopi, dan coklat. 

Bahkan hal tersebut, sudah disampaikan kepada Presiden RI Joko Widodo dan Kementerian Pertanian saat berkunjung ke Kalimantan Tengah. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru