Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kapuas Jadi Percontohan Nasional Penuntasan Kumuh

  • 31 Januari 2018 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Kula Kapuas –  Kabupaten Kapuas menjadi percontohan nasional untuk  penuntasan kawasan kumuh perkotaan melalui program NUSP-2.

Kasi Perkotaan Wilayah II Ditjen CK Direktorat Pengembangan Kawasan Pemukiman (PKP) Kemen PUPR Dendy Kurniawan mengatakan, pada 2019 mendatang, penuntasan kawasan kumuh melalui program NUSP-2 berakhir.

"Program NUSP-2 akan berakhir 2019. Maka itu, kami dari Kementerian PUPR akan mendukung sepenuhnya Pemerintah Kabupaten Kapuas dengan tambahan dana reguler melalui APBN," kata Dendy Kurniawan seusai peresmian Kampung Barasih, Selasa (30/1/2018) sore.

Kapuas, lanjut Dedy Kurniawan, menjadi prioritas pihaknya untuk penuntasan kawasan kumuh, bukan saja melalui program NUSP. Tetapi melalui dana reguler yang ada pada bidang Ditjen Direktorat CK Kemen PUPR.

"Kami siapkan anggaran lebih besar lagi untuk Kapuas, karena Bapak Bupati Ben Brahim solid bersama teman-teman di PU dan Bappeda komitmen untuk menuntaskan kawasan kumuh," ungkapnya.

Dia berharap,tahun 2019-2025 Kabupaten Kapuas menjadi Kabupaten green dan smart. Program NUSP-2 ini akan berakhir 2019 nanti sehingga masih banyak program yang akan dilaksanakan 2018 di antaranya pengembangan pencontohan kawasan di Kelurahan Selat Hulu Kecamatan Selat, rumah susun dan itu dipadukan dengan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Kementrian PUPR.

"Kapuas akan dijadikan percontohon untuk kabupaten, kota, provinsi bahkan Nasional karena berhasil,malah melebihi target RPJMN 63 persen," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-2)

Berita Terbaru