Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Harus Selektif Keluarkan Izin Retail Modern

  • Oleh Naco
  • 31 Januari 2018 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Rudianur meminta agar Pemerintah Daerah  Kabupaten Kotim selektif dalam memberikan izin toko dan retail modern di dalam kota Sampit.

"Sebab kami melihat belakangan ini pendirian retail kian menjamur dalam kota. Tentunya ini menjadi sebuah kekhawatiran bagi masyarakat yang selama ini hidupnya bergantung dengan warung kecil," kata Rudianur, Rabu (31/1/2018)

Politisi Partai Golkar tersebut mengatakan, saat ini pelanggan warung kecil sepertinya mulai beralih menjadi pelanggan warung modern.

"Kenapa izinnya sangat banyak diberikan dalam kota ini. Apakah izin yang diberikan itu sudah memikirkan ekonomi warung-warung kecil atau tidak, ini yang jadi perhatian," tukas Rudianur.

Dia mengungkapkan, saat ini pendirian retail modern itu semakin banyak, bahkan jaraknya berdekatan dengan warung milik masyarakat. Ini tentunya menjadi sebuah kekhawatiran tersendiri untuk pemberdayaan ekonomi kelas bawah.

Ia menilai, pemerintah kurang peka dengan persoalan masyarakat serta dalam pemberian izin dianggap tidak selektif. Padahal, DPRD menghendaki antara retail modern dan warung tradisional itu harus seimbang.

Rudianur menegaskan, pihaknya bukan anti investasi. Namun investasi itu harus dilihat apakah menguntungkan atau justru merugikan masyarakat. "Sebab dengan munculnya retail modern ini warung kecil itu bisa laku atau tidak, tentu ini akan jadi ancaman," pungkasnya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru