Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Motif Pembunuhan Orangutan yang Bangkainya Ditemukan Tanpa Kepala

  • Oleh Budi Yulianto
  • 31 Januari 2018 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Tim dari Polda Kalteng telah menangkap dua orang pelaku pembunuhan terhadap orangutan yang bangkainya ditemukan tanpa kepala di daerah tepian Sungai Barito tepatnya bawah Jembatan Kalahien, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Senin (15/01/2018) pagi lalu.

Keduanya berinisial T (41) warga Desa Gunung Rantau, Dusun Utara, Kabupaten Barsel dan M (32) warga Jalan Waning Pati, Desa Tumpung Laung, Kecamatan Motalat, Kabupaten Barito Utara. 

Mereka sudah diamankan di Polda Kalteng. Petani penyadap karet itu ditangkap anggota pada Senin (29/1/2018). Lantas, apa motif pembunuhan itu terjadi

Kapolda Kalteng Brigadir Jenderal Anang Revandoko mengatakan dari pengakuannya, kedua tersangka melakukan pembunuhan karena membela diri lantaran orangutan menyerang pada saat menyadap karet.

“Menurut mereka, terganggu adanya orangutan. Kemudian menurut mereka lagi, kalau terganggu, mereka melakukan penembakan,” kata Anang Revandoko, Rabu (31/1/2018).

Dia menuturkan, awalnya, tersangka menembak tubuh orangutan menggunakan senapan angin.

Tembakan itu terus dilakukan hingga berjumlah 17 kali, sebagaimana 17 peluru yang ditemukan hasil dari otopsi dan kini menjadi barang bukti.

“Penembakan yang dilakukan mulai dari satu kali, dua kali sampai ke 17 kali. Merasa terancam lagi, temannya menebas dari belakang sehingga mengenai leher orangutan (sampai putus),” ungkapnya.

“Menurut pengakuannya, ini baru pertama kali dilakukan,” tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-6)

Berita Terbaru