Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perbaikan Jalan Wilayah Hulu Seruyan Dianggarkan Rp30 Miliar

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 31 Januari 2018 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pemkab Seruyan menganggarkan dana Rp30 miliar untuk perbaikan akses jalan penghubung wilayah hulu di kabupaten setempat.

"Kita bakal mendapatkan izin pinjam pakai kawasan hutan dari kementerian, sehingga kita siapkan anggaran untuk perbaikan akses dari Kecamatan Seruyan Tengah hingga Seruyan Hulu sekitar Rp20 sampai 30 miliar pada tahun ini," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Selasa (30/1/2018).

Ia mengatakan, rencana peningkatan pembangunan jalan penghubung itu dilakukan setelah adanya kepastian pemberian izin pinjam pakai kawasan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk kawasan jalan yang masih berstatus kawasan hutan.

"Izin pinjam pakai kawasan masih berproses, tapi saya sudah bertemu dengan Menteri LHK dan beliau berjanji prosesnya tidak akan lama," katanya.

Sudarsono mengakui, selama ini ia memang banyak menerima keluhan masyarakat mengenai kondisi jalan penghubung Seruyan Tengah dan Seruyan yang merupakan satu-satunya jalan askes untuk angkutan barang dan jasa.

Namun, Pemkab Seruyan tidak dapat berbuat banyak karena jalan penghubung itu masuk dalam kawasan hak pengusahaan hutan (HPH), sehingga perbaikan atau peningkatan jalan tidak bisa dianggarkan melalui APBD.

Beberapa upaya yang selama ini dilakukan pemkab hanyalah mendorong partisipasi perusahaan HPH untuk memperbaiki jalan agar dapat dilalui masyarakat. Namun hasilnya tetap belum maksimal.

Kemudian, sebelum adanya kepastian izin pinjam pakai kawasan dari Kementerian LHK, Pemkab Seruyan sempat berencana mengalihkan akses jalan penghubung antarkecamatan di luar jalur yang disediakan oleh perusahaan HPH.

Rencana pengalihan jalan tersebut dimulai dari Desa Panyompa Kecamatan Seruyan Tengah kemudian menyusuri 50-100 meter dari tepian Sungai Seruyan hingga ke Desa Mojang Baru Kecamatan Seruyan Hulu.

"Tapi setelah ada izin pinjam pakai kawasan dari Kementerian LHK, mudah-mudahan pembangunan jalan penghubung bisa ditingkatkan sehingga lalu lintas lebih lancar dan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik," katanya. (FREDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru