Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Langit Cerah, Super Blue Blood Moon di Pangkalan Bun Terlihat Jelas

  • Oleh Wahyu Krida
  • 01 Februari 2018 - 07:06 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Walau kondisi langit sempat diprediksi berawan ternyata langit Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) saat terjadinya Super Blue Blood Moon yang disertai gerhana bulan, Rabu (31/1/2018) sangat cerah. Keruan masyarakat Pangkalan Bun dan sekitarnya saat terjadinya fase gerhana tersebut sangat antusias menyaksikan bulan yang secara perlahan dari kondisi purnama mulai menghilang dan berubah menjadi merah saat fase total.

Seperti yang dilakukan beberapa warga yang bermukim di Perumahan Melati Permai Jalan Tanjung Puting II Gang Ujung Atap. Dengan antusias mereka melihat keatas dan terkagum kagum melihat bulan yang berubah warna oranye kemerahan.

"Luar biasa. Kapan lagi kita bisa melihat fenomena alam yang langka. Katanya 150 tahun lagi fenomena gerhana bulan biru dan merah seperti ini. Subhanallah," ujar Amel warga setempat.

Saat fase totalitas gerhana, anak-anak yang sebelumnya asyik bermain terlihat berteriak teriak kegirangan. "Wah ada gergana, ada gergana," ujar Rania salah seorang bocah komplek perumahan tersebut.

Keruan penyebutan gerhana menjadi gergana, oleh bocah tersebut memancing gelak tawa warga yang menyaksikan fenomena alam itu.

Terpisah, dari grup telegram BMKG Pangkalan Bun juga bermunculan foto foto gerhana bulan yang dilihat melalui teropong teodolit. Kepala BMKG Pangkalan Bun Lukman Soleh secara simultan membagikan hasil pantauannya melalui grup tersebut. Dari hasil foto tersebut diperlihatkan kondisi awal fase gerhana, puncak gerhana sekitar pukul 21.05 hingga akhir gerhana bulan. (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru