Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gangguan Listrik Gampang terjadi karena Kabel PLN Belum Memiliki Pelapis

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 01 Februari 2018 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Gangguan listrik karena hewan, pohon tumbang atau layang-layang, masih akan terjadi. Sebab saat ini, mayoritas kabel milik PLN Rayon Pangkalan Bun masih menggunakan kabel yang belum berpelapis alias jenis AAAC.

Namun, secara bertahap, PLN akan mengganti dengan kabel jenis AAAC-S. Kabel AAAC-S ini memiliki kelebihan seperti memiliki isolasi atau pembungkus (pelapis) yang dapat melindungi kabel dari hal-hal rawan seperti pohon tumbang atau hewan.

"Kabel ini merupakan kabel yang bagus dan dapat melindungi kabel dari hal-hal yang dapat membahayakan kabel. Ada beberapa tempat yang menggunakan kabel tersebut seperti di Sungai Tatas dan di Jalan Ahmad Yani sampai kearah Kotawaringin Lama (Kolam)," kata Analis Kinerja PLN Suprapto, Kamis (1/2/2018).

Kemudian, di Pangkalan Banteng daerah sekitar Simpang Dinamika. "Kelebihan lain kabel AAAC-S apabila terkena pohon tidak akan mengalami pemadaman listrik, tapi untuk AAAC apabila terkena pohon maka akan terjadi pemadaman listrik. Itulah hal yang mendasarkan perbedaan yang mendasar dua kabel tersebut," ucapnya.

Meski masih menggunakan kabel AAAC, pihaknya sudah sesuai dengan SPLN (Standar Perusahaan Listrik Negara). (HARDI SARJITO/B-2)

Berita Terbaru