Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perekonomian Kotawaringin Timur Dinilai Mulai Lesu

  • Oleh Naco
  • 01 Februari 2018 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Hary Rahmad Panca Setia menilai kondisi ekonomi masyarakat saat ini mulai lesu.

Maka dari itu hendaknya arah kebijakan pemerintah daerah lebih fokus untuk pembangunan sektor ekonomi.

Menurut Hary, pemerintah daerah dalam masa pemerintahan yang tersisa ini hendaknya fokus dalam pembangunan ekonomi. Kesulitan ekonomi itu sangat terasa di tingkat masyarakat.

"Itu bisa terlihat dari daya beli masyarakat mengalami penurunan yang sangat drastis," kata Hary, Rabu (1/2/2018).

Menurut politisi partai Hanura ini dari jumlah perputaran uang di Kotim dibandingkan beberapa tahun lalu tampak terlihat mengalami penurunan. Tidak hanya itu saja, saat ini juga bisnis segala bidang juga merasakan hal yang sama.

Di balik kesulitan ekonomi saat ini tentunya akan  berdampak kepada peningkatan angka kriminal jika tidak segera diatasi, saat ini maraknya pencurian atau kriminal, salah satu penyebab yang melatarbelakangi berkaitan dengan ekonomi

"Apalagi sejak pemerintah menerbitkan sejumlah regulasi untuk menertibkan investasi dampaknya sangat terasa," ucapnya.

Hary mengakui bahwa pembangunan sektor ekonomi itu tertuang dalam berbagai kebijakan yang sudah dirumuskan pemerintah daerah maka dari itu perlu dilakukan program penguatan ekonomi yakni pembangunan infrastruktur penunjang dikawasan pertanian, kemudahan akses permodalan di perbankan hingga kepada optimalisasi jamkrida.

"Saya melihat saat ini ekonomi yang terbangun hanya bagi siapa yang memiliki modal. Maka dari itu kemudahan akses permodalan adalah hal yang perlu didukung pemerintah daerah," pungkasnya. (NACO/B-5)

Berita Terbaru