Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepahiang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kontak Tani dan Nelayan Andalan Sarankan Cetak Sawah Dipadukan dengan Program Gambut

  • Oleh Testi Priscilla
  • 01 Februari 2018 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianor menyarankan agar Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya padukan antara program cetak sawah yang merupakan turunan dari kebijakan pemerintah pusat, dengan program pertanian di lahan gambut.

"Kita menyarankan Pemko harus sigap menangkap kesempatan program dari pusat terkait cetak sawah ini. Terlebih ada keinginan pemko untuk mengembangkan pertanian di lahan gambut. Itu bisa dipadukan saja," kata Sugianor, Kamis (1/2/2018).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya ini, semua tentu bisa dilaksanakan. Sekarang tinggal bagaimana instansi terkait dapat memfasilitasi para petani baik dalam pendampingan maupun mengakomodir penyediaan lahan atau areal pertanian.

"Setidaknya dinas terkait dapat menggerakkan para petani untuk dapat melakukan survei, investigasi dan desain dari persyaratan yang harus dipenuhi pemerintah daerah ketika ingin menjalankan program cetak sawah ini," bebernya.

Harus diakui memang menurut Politisi PKB Kota Palangka Raya ini, memang untuk mengembangkan sektor pertanian terutama komoditas padi di wilayah Kota Palangka Raya selalu terkendala persoalan lahan yang bergambut.

"Tapi kan ternyata bisa dibantu dengan teknologi dan sistem pertanian yang menganut pola pengerjaan tertentu. Kendala itu kemudian bisa diatasi. Nah karena kendala telah diatasi, program pemerintah pusat ini harusnya bisa kita tangkap juga," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru