Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya Punya Potensi Terima Program Cetak Sawah

  • Oleh Testi Priscilla
  • 01 Februari 2018 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Sugianor, menilai 'Kota Cantik' memiliki potensi yang dibutuhkan untuk menjalankan dan menerima program cetak sawah.

"Wilayah Palangka Raya ini pada umumnya banyak memiliki area lahan yang luas. Seharusnya Pemko Palangka Raya dapat mengajukan atau mengusulkan program cetak sawah dengan menyediakan sejumlah area yang besar," kata Sugianor, Kamis (1/2/2018).

Sugianor yang juga ketua umum Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kalimantan Tengah, menilai pengembangan pertanian padi di Kota Palangka Raya memang terkendala tanah gambut.

"Namun melihat daerah lain yang tanahnya juga bergambut, ternyata bisa saja berhasil. Itu karena ada pola maupun teknik pertanian yang dilakukan. Saya pikir para petani di Palangka Raya ini juga banyak yang mengerti cara maupun pola yang dilakukan ketika ingin mengembangkan pertnainan di lahan bergambut," katanya.

Politisi PKB itu menuturkan, bila ada keinginan menjalankan program cetak sawah, diperlukan kesiapan secara menyeluruh terutama agar program cetak sawah dapat dilakukan secara keberlanjutan.

"Ini semua bergantung dari optimalisasi dalam hal pelaksanan," tutup Sugianor. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru