Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Populasi Sapi Kobar Tahun 2017 Capai 23 Ribu Ekor

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 01 Februari 2018 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Populasi sapi di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tahun 2017 mencapai 23.120 ekor,

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pembibitan dan Produksi Ternah, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Risanty saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Kamis (1/2/2018).

"Kita optimistis tahun 2018 bisa mencapai target 27 ekor sapi lebih dan saat ini kami prioritaskan untuk pembuatan kandang sapi di (Kelurahan) Mendawai Seberang, karena sapi di sana berkeliaran bebas dan mengganggu arus lalu lintas," kata Risanty.

Ia juga memohon dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kobar untuk membantu pembuatan kandang tersebut. Sebab, pembuatan kandang ini juga sekaligus dengan penyediaan pakan agar sapi tidak berkeliaran di jalan-jalan.

Menurut Risanty, selain pembuatan kandang di Mendawai Seberang, pihaknya juga aktif melakukan sosialisasi tentang inseminasi buatan (kawin suntik) di Kecamatan Pangkalan Lada.

"Para peternak di sana sudah paham dan mengerti kalau hal itu (inseminasi buatan), Kita menggunakan metode kawin suntik agar pedet (anak sapi) yang dihasilkan bisa lebih bagus kualitasnya. Selain itu, untuk mencegah agar induk sapi tidak kawin dengan anaknya sendiri, sebab bisa menghasilkan keturunan yang cacat atau kurang bagus kualitasnya," terang dia.

Ia menjelaskan pembinaan dan pertemuan rutin hanya dilakukan kepada kelompok-kelompok peternak pemula. Sedangkan untuk kelompok yang sudah maju cukup dengan pembinaan saja.

"Untuk kelompok yang sudah maju, kita juga minta masukan mereka, apa yang kurang jadi kita bisa saling tukar pikiran," pungkas dia. (HARDI/B-8)

Berita Terbaru