Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TPID Siapkan Kandang Penyangga Antisipasi Daging Ayam Naik

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 02 Februari 2018 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Daging ayam potong tidak menjadi andil utama inflasi Januari 2018 di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng). Kendati demikian, pemerintah menyiapkan langkah strategis, dengan penyiapan kandang penyangga (buffer).

Ini dilakukan supaya selama Februari ini tidak menjadi komoditas pemicu inflasi daerah. Tim pengendali inflasi daerah (TPID) Kalteng mengantisipasinya dengan mendorong diisinya kandang ayam, sehingga gejolak harga di pasaran bisa diredam.

"Pada Februari akan dimasukkan stok baru ayam di kandang penyangga dengan masa siap potong pada awal maret 2018," terang Deputi Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Setian, saat rapat TPID di ruang rapat asisten Pemprov Kalteng, Jumat (2/2/2018).

Wakil Ketua TPID ini juga mengatakan, mereka akan memperluas jangkauan stok penyangga atau bufferstock komoditas bahan pokok yang kerap menjadi pemicu inflasi.

Selain itu, tutur Setian, rencana investasi sektor swasta pembangunan industri pakan ternak dan ayam petelur di Kalteng.

Sementara sehari sebelumnya, Kepala BPS Kalteng Hanif Yahya mengatakan, dilihat dari harga komoditas, Inflasi di Kota Palangka Raya disebabkan andil naiknya harga ikan patin (012 persen), Sewa rumah (0,8 persen) dan harga daging ayam ras (0,6 persen). (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru