Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Labuhan Batu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Harus Turut Serta Cegah Kebakaran Lahan

  • Oleh Naco
  • 02 Februari 2018 - 14:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi II DPRD Kotawaringin Timur Roy L Gaol meminta agar pemerintah desa mengoptimalkan aset dan inventaris untuk pencegahan serta penanggulangan kebakaran. Kemudian, perlu peran serta warga dalam hal itu. Sebab, warga desa tentunya lebih mengetahui wilayahnya masing-masing.

"Apabila lebih mengandalkan petugas dan satgas dari tim kabupaten, maka kebakaran hutan dan lahan menjadi lebih sulit diatasi," kata Roy, Jumat (2/2/2018).

Selain itu, melibatkan warga dalam mencegah kebakaran sangat penting, dan perlu disediakan alat pemadam. Warga pun akan aktif ke lapangan untuk memadamkan api.

"Karena saya tahu masyarakat ini banyak punya kebun yang jadi sumber ekonomi. Mereka pasti siap bantu pemerintah memadamkan api ini," ucapnya.

Roy menyatakan desa yang ada di Kotim hendaknya menyediakan alat pemadam kebakaran sederhana. Hal ini dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah masing-masing. Setiap desa menurutnya seharusnya memiliki alat damkar. Bisa saja pengadaan dari dana desa. (NACO/B-11)

Berita Terbaru