Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bantuan Pompa Air yang Disalurkan Anggota DPR RI Miliki Manfaat Penting

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Februari 2018 - 17:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Puluhan kelompok tani di wilayah selatan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) mendapatkan bantuan berupa pompa air dari anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Hamdhani.

Adapun 21 mesin pompa dibagikan di Dinas Pertanian, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Jumat (2/1/2018). 

"Ini merupakan bantuan lanjutan dari sebelumnya. 21 alat pompa air untuk sejumlah kelompok tani di wilayah selatan," kata Hamdhani. 

Bantuan tersebut diharapkan membantu para petani padi untuk lebih dalam bercocok tanam. Sehingga bisa menghasilkan padi yang unggul dan lebih berkualitas lagi. Bantuan alsintan sendiri sudah disalurkan sejak 2015 lalu hingga saat ini.

"Mudah-mudahan ini sangat membantu petani. Akan kami upayakan lagi bantuan hingga kebutuhan alsintan di Kotim ini terpenuhi," kata Hamdhani. 

Sementara, Ketua Kelompok Tani Desa Handi Sohor, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Kotim Martono berterima kasih atas bantuan tersebut, karena sangat membantu mereka merawat atau membuka lahan pertanian.

Apalagi, selama ini kalau tidak hujan, air tidak akan masuk ke dalam lahan pertanian dan hanya berada di sungai atau parit saja.  

"Ini sangat membantu, sehingga kalau air tidak naik ke lahan. Maka bisa disedot menggunakan pompa tersebut," terang Martono. 

Sementara untuk di daerah selatan sendiri, rata-rata padi yang di tanam adalah siam epang. Dan siam epang merupakan varietas unggul nasional. Pemkab berusaha agar siam epang bisa lebih dikenal lagi dan menjadi pilihan konsumsi masyarakat di Kotim maupun luar daerah. (MUHAMMAD HAMIM/B-11) 

Berita Terbaru