Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kebumen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Utara Serahkan Alat Pemadam Kebakaran Untuk Permukiman

  • Oleh Ramadani
  • 02 Februari 2018 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh- Bupati Barito Utara Nadalsyah, Jumat (2/2/2018), menyerahkan secara simbolis hidran dan mesin pompa kebakaran untuk kawasan permukiman kepada Ketua RT 14, Kelurahan Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kasriadi.

Saat prosesi penyerahan yang berlangsung di Jalan Semoga Indah, Kota Muara Teweh, itu Bupati didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Barito Utara Yaser Arapat.

"Saya minta sarana untuk penanggulangan kebakaran berupa hidran dan mesin pompa ini dapat bermanfaat bagi lingkungan setempat guna mencegah dan mengantisipasi bahaya kebakaran. Selain itu, peralatan tersebut harus dijaga agar tetap terawat dengan baik," pinta Bupati Nadalsyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Barito Utara Yaser Arapat, mengatakan bahwa peralatan untuk mencegah kebakaran itu merupakan proyek tahun 2017.

Total ada lima unit hidran beserta kelengkapannya berupa mesin pompa, selang untuk memadamkan kebakaran, dan lainnya, yang diserahkan.

Fasilitas itu dipasang di kawasan yang rawan kebakaran, di antaranya RT 14, Kelurahan Lanjas (Jalan Semoga Indah), RT 14, Kelurahan Melayu (Gang Binjai, Jalan Ahmad Yani), RT 09, Kelurahan Lanjas, (Gang Perinstis, Jalan Meranti atau kawasan Darmaga), RT 06, Kelurahan Muara Teweh (Gang Kemico, Jalan Keladan), dan RT 26B, Kelurahan Muara Teweh (Gang Kinibalu, Jalan Bhayangkara).

"Memang banyak permintaan dari masyarakat untuk memasang hidran di kawasan permukiman. Namun kami prioritaskan yang punya pipa jaringan PDAM ukuran besar guna memudahkan menarik air. Karena kalau pipa kecil cukup sulit mendapat air. Kita harapkan nantinya semua lingkungan peemukiman warga terpasang fasilitas ini," kata Yaser.

Sementara itu, Ketua RT14, Kelurahan Lanjas, Kasriadi, menyampaikan terima kasihnya atas bantuan pemerintah kabupaten tersebut. "Kami dan warga berupaya untuk menjaga fasilitas kebakaran yang dibangun pemerintah kabupaten ini dengan sebaik-baiknya. Agar peralatan yang ada dapat dimanfaatkan secara maksimal," kata dia. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru