Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mahakam Ulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Bakal Bangun Pabrik Pakan Ternak

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 02 Februari 2018 - 21:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) bakal membangun industri pakan ternak dan ayam petelur di Provinsi ini.

Program ini menjadi kendali Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) selaku dinas yang membidanginya.

Namun nantinya tidak langsung dalam program yang dilaksanakan pemerintah atau dinas ini. Tetapi rencananya, ini merupakan investasi sektor swasta yang masuk ke Kalteng.

Tentu hal ini setidaknya bisa membantu mengurangi beban distribusi yang dikeluhkan para peternak. Informasi ini tercetus saat rapat bulanan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kalteng.

“Rencana ada investasi sektor swasta pembangunan industri pakan ternak dan ayam petelur di Kalteng. Sudah pembahasan, ada rencana seperti itu. Tentu diharapkan memenuhi kebutuhan dalam daerah, yang selama ini menghadapkan pasokan dari luar,” ungkap Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng, Setian, Jumat (2/2/2018).

Ia mengatakan, industri pakan ternak untuk ayam pedaging dan petelur tersebut selain akan sebagai penyangga kebutuhan peternak, juga dimungkinkan turunnya harga pakan yang berimbas pula turunnya ongkos produksi dan pada akhirnya mampu menekan harga jual. (ROZIQIN/B-8)

Berita Terbaru