Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komoditas Ikan Laut Jadi Hal yang Harus Diwaspadai

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 02 Februari 2018 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Komoditas ikan laut menjadi yang harus diwaspadai tim pengendali inflasi daerah (TPID) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Sebab bulan-bulan lalu sempat menjadi andil inflasi akibat terjadi kelangkaan stok yang dipicu masalah cuaca.

Menjadi hal yang sulit diantisipasi karena masalah cuaca adalah sesuatu yang tidak bisa di kendalikan. Sehingga faktor lain harus diperhatikan agar ketika ada kekosongan, tidak lantas menjadikan harga melonjak. Salah satunya adalah dengan memperkuat kesiapan produksi ikan di perairan budidaya.

Demikian ditandaskan Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng, Setian, Jumat (2/2/2018). “Ikan laut bakal menekan pada potret inflasi ke depan. Seperti biasanya, ikan perairan tangkap ini tergantung faktor cuaca. Misalnya gelombang tinggi yang diprediksi BMKG, maka jelas hasil tangkapan ikan laut turun. Kita bisa memprediksi tetapi tidak bisa mengatur (cuaca),” kata dia.

“Maka ketika ikan laut tertekan, cara yang harus kita lakukan adalah pertahankan stok ikan budidaya, jadikan subtitusi untuk penganti ikan laut. Sehingga bagaimana caranya ikan budidaya jangan sampai ikut-ikut menjadi terdorong pemicu inflasi,” sambungnya.

Tidak hanya tangkapan ikan laut saja yang memberi pengaruh naiknya inflasi. Folatile food juga akan terganggu karena cuaca. Hal ini yang membuat harga terkerek naik.

“Ini sudah nampak, misalnya harga cabe yang tren naik dan bawang merah masih normal belum ada kenaikan. Kita memantau produk pangan strategis. Jangan sampai ikut ganggu dan mendorong naiknya seperti administer price yang tidak bisa dikendalikan kita,” pungkasnya. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru