Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Raja Ampat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Buaya Pemangsa Manusia di Sebangau Ditangkap

  • Oleh Budi Yulianto
  • 02 Februari 2018 - 22:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Usaha keras Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah untuk menangkap buaya pemangsa manusia di Sungai Sebangau, Kabupaten Pulang Pisau akhirnya membuahkan hasil.

Buaya sepanjang 5,18 meter dengan lebar 70 cm tertangkap menggunakan metode pancing, Jumat (2/2/2018). Namun pada saat ditemukan, buaya tersebut telah mati setelah memakan umpan pancingan.

"Penangkapan menggunakan metode pancing. Umpannya disambar buaya. Namun ditemukan telah mati. Tim menganjurkan pihak kecamatan untuk mengubur," kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng Adib Gunawan kepada Borneonews, Jumat (2/2/2018) malam.

Ia melanjutkan, buaya merupakan satwa liar yang bersifat teritorial. Artinya, tidak ada buaya lain yang bisa masuk ke wilayah yang dikuasai buaya besar itu. Sehingga, bisa dipastikan buaya tersebut yang memangsa nelayan beberapa waktu lalu.

"Kita meyakini bahwa buaya tersebut yang memangsa (almarhum) Aman," ungkapnya.

Aman (30) merupakan warga RT 02, RW 01, Desa Sebangau Jaya, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan. Ia tewas diterkam buaya pada saat mencari udang di muara Sungai Sebangau, Kabupaten Pulang Pisau, Sabtu (20/1/2018) lalu. (BUDI YULIANTO/B-8)


TAGS:

Berita Terbaru