Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Satgas Karhutla Bakal Intens Lakukan Pencegahan

  • Oleh Budi Yulianto
  • 03 Februari 2018 - 12:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komandan Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kalteng Kolonel Arm M Naudi Nurdika menegaskan bakal mengintensifkan upaya pencegahan.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman, Kabupaten Pulang Pisau masih masuk kategori paling rawan. "Kalau pengalaman tiga tahun lalu, Pulpis tetap rawan. Tapi Sampit (Kabupaten Kotawaringin Timur) malah sudah ada 13 titik, yang lainnya belum ada," kata Nurdik kepada Borneonews,, Jumat (2/2/2018).

Sebagaimana diberitakan, kebakaran lahan beberapa hari lalu terjadi di Sampit. Kemudian di Palangka Raya ada satu titik yakni di Jalan Mahir Mahar lingkar luar. Daerah lainnya adalah Kabupaten Kapuas, satu titik.

"Strategi yang kita terapkan, tetap upaya pencegahan. Kalau ada unsur pidana, penanganan di kepolisian," ungkap Danrem 102 Panju-Panjung tersebut.

Ia menambahkan, penyebab kebakaran lahan itu terindikasi adanya faktor kesengajaan. Namun sampai sejauh ini belum ada keterlibatan perusahaan.

"Indikasinya dibakar oleh oknum masyarakat," tutur Danrem sembari mengimbau masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. (BUDI YULIANTO/B-8) 

Berita Terbaru