Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Nyatakan Barsel Nihil Kasus Penyakit Demam Berdarah

  • Oleh Uriutu
  • 03 Februari 2018 - 13:06 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) menyatakan Barsel nihil kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Demikian diungkapkan, Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Masalah Kesehatan (PMK), Djulita K Palar saat dihubungi Borneonews. Sabtu (3/2/2018).

“Berdasarkan data dan laporan baik dari pustu dan puskesmas tidak ditemukan kasus penyakit DBD untuk wilayah Barsel,” kata Djulita K Palar.

Meski demikian, lanjut dia, saat ini masih musim penghujan perlu kewaspadaan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sehingga tidak terserang penyakit DBD.

Upaya untuk melakukan pencegahan, lanjut dia, pihaknya melakukan sistem kewaspadaan dini dengan meningkatkan peran juru pantau jentik (Jumantik).

Menurutnya, peran Jumantik berfungsi untuk memantau keberadaan serta menghambat perkembangan awal dari vektor penular DBD.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan metode 3M Plus yakni menguras bak mandi, mengubur barang bekas, dan menutup rapat tempat penampungan air serta memberikan bubuk larvasida agar nyamuk tidak berkembang biak.

“Selain itu juga kita mengimbau masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) agar terhindar dari penyakit DBD,” ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-8).

Berita Terbaru