Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mandailing Natal Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mobilisasi Penduduk Dinilai Pengaruhi Penyebaran DBD di Seruyan

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 04 Februari 2018 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan Mahdiniansyah menilai, aktivitas atau mobilisasi penduduk dapat menjadi salah satu faktor yang memengaruhi penyebaran wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Karena mobilitas penduduk kemungkinan perluasan penyebaran wabah penyakit dapat masuk ke daerah yang bukan endemik," katanya, akhir pekan ini.

Ia menjelaskan, Seruyan bukan merupakan salah satu daerah endemis penyakit demam berdarah. Akan tetapi, daerah ini diapit oleh dua kabupaten yang merupakan daerah endemis demam berdarah.

Penyebaran penyakit demam berdarah melalui nyamuk dapat saja terjadi dengan mudah ketika nyamuk terbawa kendaraan masyarakat yang kebetulan berada di dua wilatah tersebut.

"Masyarakat kita sering berkunjung ke dua daerah ini, sehingga penyebaran wabah penyakit sangat mungkin terjadi," terangnya.

ia mengimbau masyarakat agar selalu hati-hati dan waspada ketika berada di luar daerah. Jangan sungkan memeriksanakan diri ke fasilitas kesehatan agar terhindar dati penyakit berbahaya.

"Jaga kebersihan, budayakan hidup sehat dan wadspada ketika tubuh merasa kurang nyaman atau sakit," katanya. (FREDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru