Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Harus Tingkatkan Pengawasan terhadap Pabrik Kelapa Sawit

  • Oleh Naco
  • 04 Februari 2018 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur, H Dani Rakhman menekankan agar Dinas  Lingkungan Hidup (DLH) meningkatkan pengawasan terhadap pabrik kelapa sawit (PKS).

Anggota Komisi II DPRD Kotim ini menduga, ada pabrik yang pengelolaan limbahnya tidak sesuai. Sehingga berdampak pada kerusakan ekosistem sekitarnya.

Menurut Dani Rakhman, sejumlah laporan yang masuk ke Komisi II, masih ada pengelolaan pabrik yang limbahnya dibuang secara sembarangan. Ini perlu pengawasan yang maksimal dan berkelanjutan dari dinas teknisnya.

Dani Rakhman menyatakan, pengawasan kepada operasional PKS di perkebunan itu adalah hal wajib. Apalagi, keberadaan PKS di Kotim mulai menjamur.

Tidak menutup kemungkinan, operasional banyak menyalahi aturan dan ketentuan yang berlaku. Terlebih, lokasi pabrik rata-rata jauh dari jangkauan dan perlu waktu untuk memantaunya. "Sangat terbuka bagi oknum yang main-main dengan membuang limbahnya secara sembarangan tanpa melalui proses dan mekanisme pengelolaan yang aman bagi lingkungan," tukasnya, Minggu (4/2/2018).

Ketua Fraksi Partai Demokrat ini mengakui, sikapnya itu semata-mata untuk memberikan dukungan tata kelola investasi di Kotim ini agar lebih baik. Apabila semua investor patuh maka investasi akan stabil dan terjaga dengan baik.

"Kita tentunya tidak ingin adanya investasi yang operasionalnya mengabaikan aturan dan ketentuan. Investasi itu sangat baik dan sangat berdampak positif kepada peningkatan ekonomi dalam daerah. Tapi jangan sampai tata kelola investasi itu melanggar aturan," tandasnya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru