Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Tidung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Jaga Kearifan Lokal melalui Nama Taman-Taman di Palangka Raya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Februari 2018 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sejumlah taman di Kota Palangka Raya diberi nama berdasarkan konsep kearifan lokal.

Hal ini diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Palangka Raya, Rawing Rambang, saat peresmian Taman Kuliner Tunggal Sangomang, Senin (5/2/2018).

"Kearifan lokal kita terapkan dalam pemberian nama pada taman-taman kota. Seperti, Taman Tunggal Sangomang di Jalan Yos Sudarso Ujung yang saat ini kita lakukan persemiannya. Kemudian ada pula Taman Pasuk Kameloh di Bantaran sungai di bawah Jembatan Kahayan, taman Bawi Kuwu di Jalan Garuda, Taman Lewu Sangomang Jalan Yos Sudsrso, Taman Lansia di Jalan Rinjani," kata Rawing.

Sejumlah taman ini, menurut Rawing, pembangunannya telah selesai pada tahun anggaran 2017 dan beberapa taman akan dibangun di tahun 2018, termasuk Taman Nyaho Papan Taliwu (nama tokoh pejuang) di Jalan Seth Adji yang sedang dalam tahap penyelesaian.

"Taman-taman ini merupakan taman tematik yang mempunyai karakteristik sendiri. Taman Pasuk Kameloh misalnya, mempunyai arti sebuah bakul untuk menampung barang yang dimiliki seorang putri Dayak yang pemurah hati. Kita harapkan nama taman-taman ini juga menjadi doa warga Kota Palangka Raya untuk kesejahteraan masayrakat juga," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru