Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Bintang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

3.000 Hektare Lahan di Selatan Kotim Disiapkan Untuk Perkebunan Jagung

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Februari 2018 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit- Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menyiapkan 3.000 hektare lahan di wilayah selatan untuk perkebunan jagung.

Kepala Dinas Pertanian Kotim I Made Dikantara mengatakan, tahun ini sejumlah lahan yang menjadi sentra pertanian padi juga akan dipusatkan sebagai perkebunan jagung.

"Untuk lahan yang nantinya ditanami jagung merupakan bekas sawah yang sudah selesai panen," ujar I Made.

Ia melanjutkan, dalam rencana awal sebenarnya ada 9.000 hektare lahan yang disiapkan untuk pertanian jagung. Namun untuk tahap awal, hanya 3.000 hektare yang akan ditanami.

Nantinya, penanaman tersebut dilakukan setelah para petani padi selesai panen. Di sela-sela menunggu tersebut maka jagung akan ditanam, sambil berbarengan dengan musim kemarau tiba.

"Nantinya penanaman dipusatkan di Desa Parebok, Kecamatan Teluk Sampit. Selain itu, di sejumlah lahan pertanian desa lainnya," kata I Made.

Selain itu, nantinya juga disiapkan 100 hektare lahan di Desa Parebok. Yang mana itu akan digunakan untuk panen raya yang rencananya dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. 

"Mudah-mudahan bisa semuanya ditanami jagung dan tidak ada yang gagal," kata dia.

Dengan penanaman jagung tersebut, diharapkan perekonomian warga akan meningkat, dan akan membantu program pemerintah yang berniat menjadikan Kotim salah satu kabupaten penyuplai komoditi jagung. (MUHAMMAD HAMIM/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru