Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Kotawaringin Timur masih Kekurangan Ribuan Alat Mesin Pertanian

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Februari 2018 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Di Kotawaringin Timur (Kotim) sedikitnya ada 800 kelompok tani. Dengan jumlah tersebut maka para petani di sana masih kekurangan ribuan alat dan mesin pertanian (Alsintan). 

"Iya tentu masih kekurangan Alsintan untuk para petani, bahkan jumlahnya ribuan," ujar Kepala Dinas Pertanian I Made Dikantara, Senin (5/2/2018). 

Alsintan yang ada saat ini untuk traktor roda yang digunakan buat membajak sawah hanya ada 200 buah. Sedangkan yang dibutuhkan sebanyak 2.000 buah. 

Traktor roda dua sangat dibutuhkan petani guna mempermudah dalam membajak sawah. Karena selama ini banyak dari petani yang menggunakan peralatan tradisional secara manual dan juga menggunakan hewan seperti kerbau.  

Selain traktor, alat yang juga sangat dibutuhkan adalah pompa air.  Terutama bagi petani yang berada di wilayah selatan Kotim, di mana sepekan saja tidak hujan maka air akan surut dan tidak bisa mengaliri area persawahan. Sehingga hal itu membutuhkan pompa. 

"Untuk pompa air saat ini hanya ada 300 buah saja. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan petani yakni diperlukan 1.000 buah pompa," kata Made.  

Dengan masih adanya kekurangan tersebut, dirinya sangat berharap ada lagi bantuan dari pemerintah pusat ataupun lainnya. Sehingga kebutuhan alsintan tersebut bisa tercukupi, dan mempermudah petani untuk bertani. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru