Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Metro Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Dorong Pengembangan Wisata Pesisir Seruyan-Kotawaringin Timur

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 05 Februari 2018 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong pengembangan potensi pariwisata pesisir Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan.

"Sejauh ini potensi pariwisata pesisir juga menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah provinsi dan gubernur khususnya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng Guntur Talajan saat berkunjung ke Ujung Pandaran, pekan tadi.

Ia mengatakan, secara umum objek wisata pesisir di dua wilayah itu cukup dikenal, salah satunya Pantai Ujung Pandaran yang sudah tidak asing dan diketahui oleh khalayak luas.

Namun, kata dia, yang masih harus menjadi perhatian yakni akses dari dan menuju objek wisata itu. Karenanya harapkan ada fasilitas transportasi seperti bandara yang berada di pinggir laut atau pesisir.

"Oleh karena itu ada sejumlah poin yang menjadi titik perhatian untuk ditingkatkan yakni infrastruktur, penataan dan pendanaan yang akan dicoba diajukan ke Pemerintah Pusat," katanya.

Menurut Guntur, ketersediaan unsur kearifan lokal, ekowisata alam, kelestarian lingkungan dan yang juga salah satu daya tariknya yakni keberadaan orang utan.

Akan menjadi faktor pendukung untuk menarik kedatangan investor masuk ke wilayah Kotim dan Seruyan.

Kemudian, terkait rencana pertemuan antara Kotim dan Seruyan dalam pembahasan rencana pengembangan potensi wisata pesisir Disbudpar Kalteng juga akan turut hadir apabila juga diundang dalam rencana kegiatan tersebut.

"Kita juga akan hadir bersama Kadis Budpar Kotim dan Seruyan," katnya. (FREDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru