Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ogan Ilir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Ini DKPP Barito Selatan Salurkan 92 Ribu Bibit Ikan

  • Oleh Uriutu
  • 05 Februari 2018 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Pada tahun ini, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Barito Selatan akan menyalurkan bantuan berupa 92 ribu bibit ikan patin kepada kelompok pembudidaya.

“Bantuan untuk para pembudidaya ikan ini bersumber dari anggaran DAK sebanyak 52 ribu ekor dan 40 ribu ekor dari APBD kabupaten. Jadi totalnya 92 ribu ekor ikan,” kata Kabid Perikanan DKPP Barsel Jonny Ngindra kepada Borneonews, Senin (5/2/2018). 

Ia merincikan, jumlah bantuan tersebut akan dibagikan kepada 170 kepala keluarga kelompok pembudidaya ikan yang tersebar di lima kecamatan.

Untuk anggaran yang bersumber dari DAK, lanjut dia, diperuntukan bagi empat kecamatan yakni Karau Kuala, Dusun Selatan, Gunung Bintang Awai, dan Dusun Utara.

Sedangkan yang bersumber dari APBD kabupaten diperuntukan bagi lima kecamatan yakni Dusun Utara, Dusun Selatan, Gunung Bintang Awai, Karau Kuala, dan Dusun Hilir.

“Saat ini kita sedang turun kelapangan untuk mengidentifikasi dan verifikasi data serta proposal kelompok pembudidaya ikan, baik lokasi maupun calon penerima bantuan,” sebut dia.

Selain bantuan bibit, pada tahun ini DKPP Barsel juga akan melakukan restoking ikan sebanyak 12 ribu ekor. Dengan jenis jelawat dan papuyu. Sebanyak 12 ribu bibit itu disebar di danau dan sungai di tiga kecamatan yakni Dusun Selatan, Dusun Utara, dan Kecamatan Gunung Bintang Awai. (URIUTU DJAPER).

Berita Terbaru