Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Panen Raya di Kotawaringin Timur Februari hingga Maret 2018

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 05 Februari 2018 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) I Made Dikantara mengatakan, panen raya padi di daerah ini akan berlangsung pada Februari hingga Maret 2018 mendatang.  

"Panen raya dimulai Februari hingga Maret 2018 mendatang," ujar Made, Senin (5/2/2018). 

Made memprediksi panen raya akan menghasilkan gabah yang berlimpah. Itu karena tidak adanya keluhan petani baik terhadap penyakit maupun serangan hama. Sehingga bisa dikatakan tidak ada petani yang mengalami kerugian atau gagal panen. 

"Tahun ini (diperkirakan tidak ada yang gagal, bahkan di satu kecamatan bisa tiga kali dalam setahun memanen padi," kata Made. 

Kotim sedikitnya memiliki 25 ribu hektare lahan padi, dan beberapa di antaranya ada yang sudah panen dan masih banyak yang akan panen pada dua bulan ke depan. 

Di mana untuk 25 ribu hektare lahan tersebut rata-rata petani menanam padi jenis Siam Epang yang merupakan varietas unggul nasional. 

"Ada 20 ribu hektare yang ditanami siam epang, dan sisanya berbagai macam gabah jenis lainnya. Yang diantaranya adalah jenis gabah yang bisa tiga kali panen dalam setahun," kata Made. 

Hingga saat ini sentra pertanian masih berada di wilayah Selatan. Di daerah tersebut puluhan ribu hektare lahan ditanami padi. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru