Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanjung Jabung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Barito Utara Kembangkan Bawang Merah

  • Oleh Ramadani
  • 05 Februari 2018 - 23:04 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara akan mengembangkan budidaya bawang merah.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Setia Budi, Senin (5/2/2018) budidaya bawang merah yang dimulai sejak 2017 dapat dinyatakan berhasil.

“Kita melakukan uji coba budidaya bawang merah di beberapa desa sejak 2017 dan sudah berhasil memproduksi sekitar 10 ton,” ujarnya.

Menurutnya, bertani bawang merah cukup menguntungkan karena dengan modal 1 kg bibit maka kita bisa menghasilkan 6 Kg dengan waktu panen hanya 55 hari saja.

Demikian pula harga jual dipasaran mencapai Rp 20 ribu/kg, artinya dalam sebulan petani bisa menghasilkan kurang lebih Rp 2.400.000,- an, belum lagi kalau mereka menanam lebih banyak maka tentu hasil yang didapatkanpun akan semakin banyak.

“Kabupaten tetangga Murung Raya sudah mengambil kebutuhan bawang merah dari petani daerah kita, karena selain harga agak murah yakni sekitar Rp 20/kg juga masih segar sedangkan harga jual di sana saat ini kurang lebih Rp35 ribu," katanya.

Ke depan, dinasnya akan terus mengembangkan budidaya bawang merah bahkan dengan sasaran pesisir Sungai Barito karena selama ini lokasinya jauh dari dari aliran sungai,. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru