Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPS Gunung Mas Latih Calon Petugas Susenas 2018

  • 06 Februari 2018 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gunung Mas menggelar pelatihan untuk calon petugas Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2018.

Pelatihan dilaksanakan di aula Hotel Zelorado Kuala Kurun dari 5 sampai 13 Februari 2018.

Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Kalteng, Bambang Supriono  menyampaikan, susenas tahun ini merupakan kelanjutan dari Susenas 2017.

Pelatihan yang dilakukan merupakan awal dari kegiatan, sebelum dilakukan pendataan yang nanti akan dilaksanakan oleh petugas.

"Dilakukan pelatihan, karena ada beberapa hal yang perlu penajaman terkait dengan pelaksanaan susenas Maret 2018 ini. Ini pembekalan materi tentang kesiapan susenas di Kabupaten Gunung Mas," terang Bambang.

Menurut dia, melalui kegiatan susenas untuk mengetahui sosial ekonomi masyarakat, mengingat hal itu bersipat dinamis, baik faktor kesehatan, keadaan fisik, tata kelola ekonomi rumah tangga dan masih banyak lainnya yang berkaitan dengan kehidupan sosial ekonomi masyarakat. 

"Dengan survei seperti ini, bagaimana kita mengetahui berapa banyak orang miskin, berpendapatan rendah dan lainnya. Survei seperti ini untuk membantu istrumen kebijakan supaya tidak salah arah," terangnya.

Pada susenas 2018, akan diintegrasikan dengan kegiatan riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018 yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatan melalui dinas kesehatan di daerah.

Kepala BPS Gumas Waras menyampaikan, pelatihan diikuti 34 orang 10 orang tenaga organik BPS dan 24 orang mitra BPS. Total sampel pada Susenas 2018 yakni 440 rumah tangga di seluruh kecamatan di Kabupaten Gumas.

"Sambutlah petugas kami dengan baik dan jawablah pertanyaan sesuai dengan keadaan sebenarnya," harap dia. (EPRA SENTOSA/B-6)

Berita Terbaru