Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

LPTQ Bakal Kirim 3 Orang Untuk Dididik di Jawa

  • Oleh Ramadani
  • 06 Februari 2018 - 18:12 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Barito Utara (Barut) mempunyai program pendidikan qori, qoriah, hafiz, Hafizhah, Hattah dan Hathatah di Pulau Jawa.

Hal itu disampaikan kata Ketua LPTQ Barito Utara Drs Muhlis saat dihubungi Borneonews, Selasa (6/2/2018). "Tahun ini, LPTQ Barut akan menambah tiga orang untuk dididik di Pulau Jawa," kata dia.

Ia melanjutkan ketiga orang itu antara lain Dhiya Zalfa Ramadhani dari kecamatan Teweh Baru dikirim ke Ponpes Al-Falah Cicalengka, Jawa Barat, Fatimatuzzahra dari kecamatan Lahei ke Ponpes Al-Ikhsan Palangka Raya, Ahmad Maulana dari Kecamatan Teweh Timur di Ponpes Al-Ikhsan Palangka Raya.

Sementara, untuk santri Kabupaten Barito Utara yang masih melanjutkan pendidikan yakni Vika Maya Sari dan M Syahrizal fahlevi di Ponpes Al Falah I Cicalengka, Jawa Barat. Kemudian di Ponpes Al Falah II Nagreg Bandung yakni Tuti Alawiyah, M Azriyan Syafiq, Era Ervina, Mauizzatun Ni’matus Sholeha, Febriayanti dan Sofia Veronika.

Saat ini, kata dia, di Perguruan Tinggi Ilmu Quran (PTIQ) Jakarta ada satu orang yakni Zainuddin Ihsan dan Amelia. Kemudian, di Institut Ilmu Quran (IIQ) Jakarta yakni Ilmadani Safitri. Ponpes Kaligrafi Alquran Lemka Sukabumi yakni Nurul Wardah, Rukhainah, dan Muhammad Wahyudi.

"Sungguh keliru, apabila pelaksanaan MTQ hanya dipahami dari sisi kegiatan syiar keagamaan, tanpa mampu memaknai lebih komprehensif akan nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan yang menyertainya," kata Muhlis.

Menurut Muhlis, pemahaman dan kesadaran inilah yang perlu dibangun dalam nurani dan pikiran setiap masyarakat, sehingga kegiatan MTQ tidak hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata, tetapi mampu menjadi momentum strategis menwarnai pelaksanaan pembangunan dan prilaku kehidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai qur’ani.

Ia juga menyampaikan bahwa dalam setiap pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten barito Utara telah dikenal menjasi salah satu kafilah yang cukup diperhitungkan dan berpotensi memiliki dominasi perolehan prestasi yang membanggakan.

"Hal ini tentu tidak terlepas dari kesungguhan Pemkab Barut dalam pengembangan pembinaan seni baca Alquran." (RAMADHANI/B-8)

Berita Terbaru