Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Timur Diminta Tidak Tutup Mata atas Kinerja Buruk PDAM

  • Oleh Naco
  • 06 Februari 2018 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi III DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Dadang H Syamsu meminta agar pemkab setempat tidak menutup mata atas kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Dharma Tirta, Sampit, yang masih buruk. 

"Mengapa kita anggap demikian karena masalah yang selama ini terjadi salah satunya terkait dengan kualitas air yang dihasilkan hingga distribusinya ke setiap rumah tangga belum mampu diatasi dengan baik," kata Dadang, Selasa (6/2/2018).

Dadang menilai salah satu penyebabnya yakni pemerintah daerah tidak konsisten dalam memberikan penyertaan modal kepada perusahaan daerah tersebut.

Sehingga kualitas dan kuantitas pelayanan dari PDAM Kotim masih di bawah harapan. 

"Ini salah satunya karena terkendala dana setelah saya koordinasi dengan direktur PDAM," tegas politisi Partai Amanat Nasional tersebut.

Dadang mengakui publik saat ini tentunya menyudutkan PDAM. Sebab, harapan peningkatan pelayanan itu masih belum kunjung meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. 

Banyak ibu rumah tangga mengeluhkan hal tersebut. Pemerintah daerah tidak semestinya tutup mata dengan kondisi PDAM yang kekurangan modal, secara tegas ia mengatakan bahwa sudah tidak sesuai komitmen awal dalam hal penyertaan modal sebagaimana yang tertuang dalam perda penyertaan modal.  

"Dalam perda itu sudah tegas menyatakan besaran yang harus dialokasikan setiap tahunnya oleh tim anggaran eksekutif, saya juga mempertanyakan pernyatan dari BPKAD dalam pembahsan perda lalu menyatakan sanggup memenuhi alokasi anggaran setiap tahunnya yang disisihkan kepada PDAM," pungkasnya.

Namun mengapa sampai sekarang hal tersebut tidak terealisasi, jadi menurut dia tidak serta merta menyalahkan PDAM semata. Karena semuaya ada campur tangan dari pemerintah daerah. (NACO/B-5)

Berita Terbaru