Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Desa di Kobar Belum Gunakan Aplikasi Sistem Keuangan Desa

  • Oleh Hardi Sarjito
  • 06 Februari 2018 - 20:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun-Hingga saat ini, masih banyak desa-desa di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang belum menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan dan Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kobar Sudiharto saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Selasa (6/2/2018).

"Dari 81 desa, yang sudah menggunakan aplikasi tersebut hanya 14 desa saja seperti di (Kecamatan) Pangkalan Banteng itu," kata dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya akan menggelar pelatihan penggunaan aplikasi Siskeudes mulai Selasa (depan) hingga Kamis. Pihaknya menggelar pelatihan secara umum karena keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) di DPMD.

"Siskeudes ini mempermudah memberikan laporan keuangan desa tersebut. Saat ini yang belum memberikan laporan keuangan ada 67 desa, yang belum menggunakan aplikasi tersebut, jadi mereka membuat laporan tersebut secara manual saja," ungkap dia.

Menurut Sudiharto, karena menggunakan sistem manual, akhirnya mereka terlambat menyampaikan laporan dan hanya sampai sistem penganggaran saja. Sedangkan 14 desa yang sudah menggunakan aplikasi Siskeudes sudah komplit semua mulai penganggaran, penatausahaan dan pelaporannya.

"Tahun 2018 ini Dinas Pemberdaya Masyarakat dan Desa mewajibkan penggunaan Siskeudes ini. Akan tetapi di Arut Utara banyak daerah yang tidak memiliki sinyal internet untuk mengakses Siskeudes tersebut. Ini juga menjadi masalah," kata dia. (HARDI/B-8)

Berita Terbaru