Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UNBK SMA di Kotawaringin Timur 2018 Dilakukan Semi Online 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 Februari 2018 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMA sederajat di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) 2018 akan dilakukan secara semi online. 

Kepala Dinas Pendidikan Kotim Bima Eka Wardana mengatakan, UNBK semi online yakni dengan menjawab soal tidak secara online, hanya saja soal dan hasil dari ujian akan diterima serta dikirim melalaui server. 

"Semi online yakni soal diterima dari pusat secara online, namun siswa mengerjakannya tidak secara online terhubung ke server. Tapi setelah mereka selesai ujian di server lokal sekolah, baru jawabannya dikirim atau di-upload secara online ke server pusat," ujar Bima, Rabu (7/2/2018).

Hal tersebut dilakukan karena di setiap sekolah belum sepenuhnya bisa melaksanakan UNBK secara online.

"Karena masalah perangkat komputer dan jaminan kelancaran akses internet sehingga para peserta ujian mengerjakan soal ujian secara offline, baru kemudian hasilnya dikirim secara online," katanya.

Tahun 2018 ini ada 18 sekolah yang siap melaksanakan ujian nasional dengan sistem semi online, yakni SMAN 1 Sampit, SMAN 2 Sampit, SMAN 3 Sampit, SMAN 4 Sampit, SMAN 1 Mentaya Hilir Utara, SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan, dan SMAN 1 Kotabesi.

Selain itu, SMAN 1 Cempaga, SMAN 1 Parenggean, SMA Muhammadiyah Sampit, SMA Katolik Taruna Jaya, SMA PGRI 1 Sampit, SMA PGRI Pulau Hanaut, SMA PGRI Telaga Antang, SMA PGRI Teguh Sempurna, SMA IT Al Madaniyah dan SMA Maranatha Sampit.

"Dari belasan sekolah tersebut, ada tiga sekolah yang akan menumpang ujian di sekolah lain, yakni SMA PGRI 1 Sampit yang menumpang di SMK Bhakti Mulya, SMA PGRI Telaga Antang menumpang di SMAN 1 Parenggean dan SMA PGRI Pulau Hanaut yang menumpang di SMAN 1 Mentaya Hilir Selatan," terang Bima. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru