Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ketua DPD Ajak Pers Turut Awasi Dana Desa

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 07 Februari 2018 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Padang - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta Odang meminta peran serta insan pers dalam pengawasan Dana Desa.

Hal tersebut disampaikan Oesman Sapta saat bertatap muka dengan ratusan wartawan se-Indonesia pada Dialog Pers dengan tema Upaya Percepatan Daerah melalui Dana Desa, dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Padang Sumatera Barat, Rabu (7/2/2018) malam ini.

"Jangan menyebarkan berita negatif penggunaan dana desa untuk menekan kepala desa. Media harus berperan untuk pengawasannya,” kata Oesman Sapta.

Oesman mengatakan, pengawasan pers terhadap dana desa sangat penting. Sebab Dana Desa yang bersumber dari APBN selalu meningkat. Bahkan mencapai puluhan triliun ke seluruh desa di Indonesia.

Apabila tidak diawasi, pengelolaan dana desa rawan bermasalah. Terutama jika aparatur desa minim kemampuan untun pengelolaan.

"Kita tidak boleh menyalahkan kepala desa. Tugas kita memberikan pendampingan agar dana desa memberikan manfaat," katanya.

Selain itu, Oesman menegaskan, DPD RI siap bekerjasama dengan PWI untuk mengawasi dana desa.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjoko, Ketua PWI Pusat Margiono, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru