Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ngawi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Seruyan Imbau Warga Waspada Penyakit di Musim Hujan

  • Oleh Fredy Mansyur Huda
  • 08 Februari 2018 - 07:04 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan mengimbau warga mewaspadai penyebaran penyakit yang berpotensi terjadi di semua wilayah tersebut saat musim hujan seperti sekarang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan Mahdiniansyah mengatakan, untuk menanggulangi dan pencegahan penularan penyakit, pihaknya dan puskesmas menerapkan kegiatan sebelum musim penularan (SMP), yakni imbauan serta sosialisasi pencegahan penularan penyakit yang dilaksanakan sebelum musim penyebaran wabah penyakit seperti musim hujan yang terjadi akhir-akhir ini.

"Oleh karenanya warga harus waspada terhadap penyebaran wabah penyakit seperti demam berdarah," katanya di Kuala Pembuang, Selasa (6/2/2018).

Pencegahan penyebaran wabah penyakit tidak hanya melalui pemberantasan wabah itu sendiri, melainkan juga melalui tindakan aktif membasmi wadah penyakit seperti nyamuk demam berdarah berkembang biak. Selain itu juga, kesadaran akan menjaga lingkungan dan hidup sehat menjadi salah satu faktor penting.

Terkait tingkat kerawanan, ungkap Mahdini, untuk sementara ini wilayah di Kabupaten Seruyan yang paling rawan yaitu Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur.

Namun, tidak menutup kemungkinan semua wilayah kecamatan juga berpotensi tergantung dari mobilitas penduduk yang masuk dan keluar dari daerah endemis wabah penyakit tersebut.

"Makanya semua warga kita imbau waspada karena lebih baik mencegah daripada mengobati," katanya. (FREDY MANSYUR HUDA/B-5)

Berita Terbaru